Skip to main content

Tips cerdas belanja Online yang wajib Kamu tau

Kamu hobi belanja? tapi sedang malas pergi kemana mana? kenapa tidak belanja secara online saja? Di era modern seperti sekarang ini, kebutuhan berbelanja telah dipermudah oleh hadirnya toko online yang siap memanjakan kamu dalam berbelanja tanpa harus ribet pergi kesana kemari untuk mencari barang yang kamu inginkan. Namun, kamu juga harus "Cerdas" dalam menentukan pilihan agar tidak tertipu oleh barang KW dan yang paling penting jangan sampai kamu membeli barang yang harganya diatas rata - rata, kesalahan fatal bagi kita kaum wanita jika sampai membeli barang dengan kualitas yang sama, tapi dengan harga yang lebih mahal.. OMG nggak banget itu!
Cara cerdas belanja Online yang wajib Kamu tau
Bagi kamu yang belum pernah belanja online, sekedar informasi saja belanja online adalah proses pembelian barang mupun jasa yang dilakukan melalui media internet. Dalam hal ini, kamu dapat melihat barang atau jasa yang akan dibeli maupun digunakan melalui blog, situs web maupun jejaring sosial milik penjual. Nah, dalam belanja online kita tidak harus bertatap muda dengan penjual.  Maka dari itu, kita juga harus berhati hati agar tidak menjadi korban penipuan, dan tentunya tidak tertipu harga.. hihihi..

Nah, untuk itu berikut ini adalah cara cerdas dan aman dalam berbelanja online :

Pilih penjual atau toko online terpercaya

Sekarang ini sudah banyak sekali toko online terpercaya yang ada di Indonesia, misalnya jika anda ingin belanja baju dan kebutuhan Fashion anda bisa cari di Zalora, atau jika ingin belanja smartphone atau kebutuhan lainnya anda bisa cari di situs toko online lain seperti Lazada. Sebenarnya masih banyak lagi namun anda harus memastikan toko online pilihan anda adalah terpercaya. Caranya?
  1. Periksa keamanan situs web belanja online.
    Biasanya akan muncul gambar gembok pada status bar browser ketika anda akan memasukkan data pribadi, jika web tersebut aman. Selain itu situs web akan berubah dari http ke “https”. Hal tersebut berarti bahwa informasi pembayaran melalui kartu kredit lebih aman.
  2. Perhatikan kebijakan situs web belanja online terhadap data pribadi anda.
    Jangan sampai terdapat kalimat yang menyebutkan pengelola situs web boleh memberikan data pribadi anda kepada pihak lain. Selain itu pelajari juga peraturan belanja pada web tersebut.
  3. Pastikan penjual memberikan nomor RESI untuk melacak keberadaan pesanan kamu.
    Jika sistem pengiriman menggunakan JNE atau Tiki, pastikan anda mendapatkan nomor kirimannya untuk memeriksa keberadaan barang yang sedang dikirim.
  4. Cek identitas situs web belanja online.
    Seperti alamat emailnya, nomor telephone, YM, Facebook, Twitter dan BBM apakah masih aktif dan selalu di update.
Oiya, usahakan untuk menggunakan komputer pribadi agar transaksi anda lebih aman. Jika memang harus menggunakan komputer umum, pastikan anda logout dari akun toko online tersebut sebelum meninggalkan komputer.

Cari diskon atau Kode Promo

Kebanyakan toko online biasanya memberikan diskon khusus, manfaatkan ini dengan memilih produk yang ingin kamu beli agar biaya yang kamu keluarkan jadi lebih murah. Meskipun sudah ada diskon, biasanya toko online juga memberikan kupon khusus. Hal ini yang biasanya sering di abaikan para sista yang hobi belanja, saking asiknya sama diskon suka gak peduli kalau sebenarnya bisa dapet harga yang lebih murah lagi dengan menggunakan kode kupon.

Kode kupon ini biasanya tidak semerta merta ditampilkan pada halaman produk, biasanya anda harus berlangganan news letter atau semacamnya untuk mendapatkan kupon belanja yang bernilai lumayan. Untuk mempermudah pencarian kupon kamu bisa mencarinya melalui website penyedia kupon belanja. Misalnya saja iprice.co.id disana kamu bisa mendapatkan kupon untuk berbagai macam toko online terpercaya dengan mudah.
Cara mendapat kode kupon Lazada dan Zalora
Dengan menggunakan kupon yang kamu dapat melalui website tadi kamu bisa mendapatkan double diskon setelah memasukkan kode promo saat check out produk yang hendak kamu beli.

Isi alamat pengiriman dengan jelas

Berikan alamat anda selengkap mungkin. Misalnya Nama Jalan, Nama Komplek, No Rumah, RT/RW, Kabupaten, Kecamatan, Nama Kota, Provinsi dan kode pos. Jika dikirimkan ke alamat kantor, jangan lupa sertakan Nama Perusahaan/Kantor, Divisi/Bagian. Jika anda tinggal di kos, sertakan Nama Kos dan Nomor Kamar anda. Hal ini untuk menghindari barang pesanan kamu nyasar kerumah orang lain, pasti nggak mau kan kalau sudah beli dan cari diskon capek - capek tapi barang nggak sampai ke tangan?

Itulah tadi beberapa point penting yang harus diperhatikan untuk kamu shop a holic yang cerdas belanja Online. Semoga bermanfaat. (^_^)

Comments

  1. saya cek di iprice menurut artikelnya mbak, ternyata masih banyakan zalora dan lazada ya. Coba yg lain juga ikut terutama pemiliki toko online kelas kecil2, pasti seru karena banyak pilihan diskonnya :D

    salam kenal mbak. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tahapan Tingkah Pria Ketika Menjalin Hubungan Pacaran, Jaga Anak Perempuan Anda!

Pergaulan anak muda belakangan ini sudah teramat sangat jauh dari tata norma, entah apa yang menyebabkan kalangan muda - mudi masa kini amat gaul kebablasan. Banyak hal yang menjadi penyebab maraknya pergaulan bebas dikalangan anak muda sekarang, baik itu yang mahasiswa, anak sma, smp, bahkan anak SD pun mulai kebablasan dalam hal ini. Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol santai dengan seorang sahabat yang merupakan alumni Uneversitas ternama jurusan Bimbingan Konseling khusus menyikapi pergaulan remaja khususnya di SMA/SMP. Beliau membeberkan beberapa kisah nyata dari seorang siswi SMA yang mengaku sudah sangat familiar dengan maaf hubungan intim yang seharusnya hanya di halalkan untuk pasangan suami istri. Saya pun terkaget - kaget mendengar pernyataan tersebut, dan yang membuat saya makin melongo miris adalah siswi tersebut bahkan sudah berkali - kali ganti pasangan! Ebuset!! Ngeri amat ya pergaulan anak SMA jaman sekarang? Ilustrasi - Sumber : keepo.me Menurutnya (teman

Film Korea Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh

Pulang kuliah eh pada ngobrolin Film Korea Terbaik Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh sama temen-temen kampus, nah setelah kemaren posting Film Thailand Humor makanya kali ini hanisah akan share beberapa film korea yang menurut hanisah paling bagus dan paling menyentuh karena ceritanya yang bagus dan banyak hikmah yang dapat diambil dari film korea berikut ini : My true friend (thai) Sosok pemuda yang dianugerahi wajah tampan serta kehidupan yang serba berkecukupan. Pemuda yang memiliki hobi berkelahi tapi tak pernah terpikirkan sekalipun untuk membunuh lawan-lawannya. Baginya uang tak bisa membeli segalanya termasuk kebahagiaan, baginya uang hanya membawa penderitaan. Dan tentu saja uang pun tak bisa membeli kebersamaannya bersama teman-temannya. Film korea tentang persahabatan Gun akan melakukan apapun demi sahabat-sahabatnya bahkan hingga nyawa pun rela dipertaruhkannya... 200 Pounds Beauty Film korea tentang cinta & Operasi plastik Ceritanya tentang faham o

Tempat-tempat Yang Menarik Untuk Kencan

Berkencan bagi pasangan kekasih merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kencan diyakini mampu membuat hubungan lebih harmonis dan berkualitas. Sedangkan tempat untuk berkencan sebenarnya tidak harus mewah, eksklusif dan mahal. Tempat yang menarik untuk kencan Anda hanya perlu mengajak pasangan ke tempat-tempat yang dia sukai, yang belum pernah dia datangi atau yang berkaitan dengan hobinya. Berikut beberapa tempat menarik yang dapat anda pilih untuk berkencang dengan kekasih tercinta. 1. Tempat Wisata (tempat yang eksotis) Pantai, pegunungan, air terjun, telaga, sungai merupakan tempat yang romantis dan eksotis untuk berkencan. Terutama bagi yang suka menikmati keindahan alam, kencan ke tempat-tempat wisata dapat membuat relax menyegarkan pikiran setelah penat dengan aktifitas dan membuat moment-moment indah dengan pasangan. Misalnya dengan foto berdua di dekat air terjun atau menikmati sunset di pinggir pantai. 2. Tempat yang Seru, Menantang dan Fun And