Skip to main content

Cara Atasi Mata Bengkak Karena Menangis

Bagaimana cara mengatasi mata bengkak? Mata bengkak atau sembab biasanya disebabkan karena menangis, kurang tidur, kelelahan, bangun tidur dan sakit. Ketika menangis, cairan air mata yang mengandung garam menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis membesar. Saat menangis juga terjadi peningkatan aliran darah di area wajah yang memicu terjadi pembengkakan di kulit bawah mata.  Kondisi inilah yang membuat mata bengkak setelah menangis. Agar mata yang bengkak kembali segar dan tidak mengganggu penampilan anda, berikut ini tips untuk mengatasi mata yang bengkak atau sembab.
Mata yang bengkak setelah menangis

  • Banyak minum air putih

Minum air putih 8 gelas sehari dapat membantu tubuh agar tidak dehidrasi. Selain itu juga dapat menjaga kulit agar tidak mengalami kekeringan dan menyebabkan kulit di beberapa daerah khususnya di sekitar mata menjadi bengkak. Semakin banyak minum air juga harus diimbangi dengan mengurangi kadar garam dalam makanan. Kurangi juga minuman bersoda karena gula di dalamnya justru akan menyebabkan dehidrasi. Jika mata bengkak akibat makan makanan asin di malam hari, maka minum air putih saat bangun tidur dapat membantu mengurangi mata bengkak.

  • Gunakan kantong teh bekas
Caranya cukup letakkan kantong teh di atas mata sambil berbaring. Bengkak dan sembab di sekitar mata akan segera berkurang. Teh mengandung kafein yang membantu mengurangi bengkak dan bisa membantu menyempitkan pembuluh darah. Jadi setelah minum teh simpan saja dulu kantong tehnya di dalam lemari pendingin agar dapat digunakan sewaktu-waktu untuk mengompres mata yang bengkak.

  • Buah mentimun
Kandungan enzim di dalam mentimun mampu mengurangi bengkak. Tidak hanya itu mentimun juga bisa mencerahkan warna kulit. Potong satu mentimun menjadi beberapa potongan tebal. Dinginkan di dalam lemari es selama 10 menit lalu letakkan di mata. Jika sudah tidak dingin ganti dengan potongan mentimun lainnya.

  • Kentang

Sama seperti mentimun, kentang juga mengandung enzim yang bisa membantu mengatasi mata sembab. Cuci bersih satu kentang dan kupas, lalu parut dan masukkan dalam satu kantong kain. Gunakan sebagai kompres mata. Kentang juga mengandung catecholase yang digunakan sebagai kandungan kosmetik untuk mencerahkan kulit.

  • Putih telur

Tidak hanya bisa mengurangi bengkak, putih telur juga mampu mengurangi kerutan dan garis halus di wajah. Caranya, ambil putih telur lalu kocok hingga sedikit kaku. Tambahkan witch hazel dan usapkan ke bawah mata dengan kuas. Tunggu hingga mengering lalu bersihkan. Jika digunakan secara teratur, sembab akan berkurang dan kulit akan lebih kencang.

  • Dinginkan sendok dan gunakan untuk kompres

Simpan dalam lemari pendingin sendok makan atau sendok teh yang terbuat dari stainless steel. Setelah dingin, gunakan bagian yang cembung untuk mengompres mata. Selain mengencangkan kulit, cara ini dapat membuat nadi lebih rileks dan baik untuk mengurangi bengkak.

  • Cuci muka dengan air dingin

Jika mata sembab karena kurang tidur, anda bisa mencuci muka dengan air dingin. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari atau bisa juga menggunakan es batu yang dibungkus kain tipis sebagai kompres.

  • Air garam

Larutkan setengah sendok teh garam pada satu gelas air hangat. Gunakan kapas atau eye pad untuk menyerap air tersebut dan letakkan di atas mata selama beberapa menit. Ulang beberapa kali dalam waktu setengah jam.

  • Strawberry

Buah strawberry sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan dan kekenyalan kulit. Kandungan AHA di dalam buah ini juga ampuh untuk mengatasi mata sembab. Dinginkan strawberry di dalam lemari es, lalu potong-potong dan letakkan potongan tersebut di area bawah mata.

  • Aloe vera (lidah buaya)

Kandungan anti oksidan dan vitamin E di dalam Aloe Vera sangat efektif mengurangi mata sembab. Anda dapat mengoleskan ekstrak aloe vera di area bawah mata.

  • Gunakan ganjal kepala tinggi

Saat akan tidur cobalah manfaatkan gravitasi bumi untuk mengurangi bengkak di mata. Caranya, ganjal kepala anda dengan dua bantal, lalu tidurlah dengan posisi terlentang.

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Tingkah Pria Ketika Menjalin Hubungan Pacaran, Jaga Anak Perempuan Anda!

Pergaulan anak muda belakangan ini sudah teramat sangat jauh dari tata norma, entah apa yang menyebabkan kalangan muda - mudi masa kini amat gaul kebablasan. Banyak hal yang menjadi penyebab maraknya pergaulan bebas dikalangan anak muda sekarang, baik itu yang mahasiswa, anak sma, smp, bahkan anak SD pun mulai kebablasan dalam hal ini. Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol santai dengan seorang sahabat yang merupakan alumni Uneversitas ternama jurusan Bimbingan Konseling khusus menyikapi pergaulan remaja khususnya di SMA/SMP. Beliau membeberkan beberapa kisah nyata dari seorang siswi SMA yang mengaku sudah sangat familiar dengan maaf hubungan intim yang seharusnya hanya di halalkan untuk pasangan suami istri. Saya pun terkaget - kaget mendengar pernyataan tersebut, dan yang membuat saya makin melongo miris adalah siswi tersebut bahkan sudah berkali - kali ganti pasangan! Ebuset!! Ngeri amat ya pergaulan anak SMA jaman sekarang? Ilustrasi - Sumber : keepo.me Menurutnya (teman

Film Korea Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh

Pulang kuliah eh pada ngobrolin Film Korea Terbaik Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh sama temen-temen kampus, nah setelah kemaren posting Film Thailand Humor makanya kali ini hanisah akan share beberapa film korea yang menurut hanisah paling bagus dan paling menyentuh karena ceritanya yang bagus dan banyak hikmah yang dapat diambil dari film korea berikut ini : My true friend (thai) Sosok pemuda yang dianugerahi wajah tampan serta kehidupan yang serba berkecukupan. Pemuda yang memiliki hobi berkelahi tapi tak pernah terpikirkan sekalipun untuk membunuh lawan-lawannya. Baginya uang tak bisa membeli segalanya termasuk kebahagiaan, baginya uang hanya membawa penderitaan. Dan tentu saja uang pun tak bisa membeli kebersamaannya bersama teman-temannya. Film korea tentang persahabatan Gun akan melakukan apapun demi sahabat-sahabatnya bahkan hingga nyawa pun rela dipertaruhkannya... 200 Pounds Beauty Film korea tentang cinta & Operasi plastik Ceritanya tentang faham o

Tempat-tempat Yang Menarik Untuk Kencan

Berkencan bagi pasangan kekasih merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kencan diyakini mampu membuat hubungan lebih harmonis dan berkualitas. Sedangkan tempat untuk berkencan sebenarnya tidak harus mewah, eksklusif dan mahal. Tempat yang menarik untuk kencan Anda hanya perlu mengajak pasangan ke tempat-tempat yang dia sukai, yang belum pernah dia datangi atau yang berkaitan dengan hobinya. Berikut beberapa tempat menarik yang dapat anda pilih untuk berkencang dengan kekasih tercinta. 1. Tempat Wisata (tempat yang eksotis) Pantai, pegunungan, air terjun, telaga, sungai merupakan tempat yang romantis dan eksotis untuk berkencan. Terutama bagi yang suka menikmati keindahan alam, kencan ke tempat-tempat wisata dapat membuat relax menyegarkan pikiran setelah penat dengan aktifitas dan membuat moment-moment indah dengan pasangan. Misalnya dengan foto berdua di dekat air terjun atau menikmati sunset di pinggir pantai. 2. Tempat yang Seru, Menantang dan Fun And