Skip to main content

Cara Mencuci Dan Membersihkan Boneka Yang Benar

Bagaimana sih cara mencuci boneka yang benar? Boneka adalah barang yang lucu dan disukai banyak orang. Utamanya bagi kaum wanita, boneka merupakan barang kesayangan yang biasanya diperoleh dari hadiah ulang tahun. Jika anda memiliki beraneka ragam boneka mulai dari yang berukuran kecil hingga jumbo atau terbuat dari bulu biasa atau bulu yang rentan rontok untuk di cuci, simak tips mencuci boneka dibewah ini. Namun sebelum mulai mencuci boneka, anda perlu memperhatikan boneka-boneka anda agar tidak salah dalam memilih cara pemcuciannya. Karena tidak semua boneka dapat dicuci langsung dengan air atau dengan mesin cuci.
Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih cara yang tepat dalam mencuci boneka kesayangan.
  • Perhatikan label yang terdapat pada boneka (jika ada) untuk menentukan apakah boneka tersebut dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Jika boneka dapat dicuci dalam mesin cuci, perhatikan juga bahwa boneka tidak dalam kondisi sobek. Jika ingin mencuci boneka bersamaan dengan pakaian, pastikan tidak ada pakaian yang luntur agar tidak merusak warna boneka.
  • Untuk jenis boneka yang bahannya mudah menyusut ketika dicuci, sebaiknya tidak dikeringkan menggunakan mesin pengering. Sebaliknya untuk boneka yang bahannya tidak mudah menyusut, anda dapat mengeringkannya dalam mesin pengering.
  • Jemur boneka di tempat yang tidak langsung terkena matahari (cukup diangin-anginkan) untuk menjaga warna alami boneka.
Setelah memperhatikan hal-hal tersebut di atas, berikut ini beberapa cara yang dapat anda pilih untuk mencuci atau membersihkan boneka kesayangan anda.
Cara mencuci dan membersihkan boneka
  • Membersihkan Boneka Menggunakan Kain Basah
JIka boneka anda hanya berdebu dan boneka tersebut terbuat dari bahan yang bulunya mudah rontok, maka anda cukup menyekanya dengan kain basah yang telah dibasahi dengan air hangat. Setelah semua bagian boneka diseka, lakukan steaming dengan handstemer. Setelah benar-benar kering, semprot boneka dengan parfum pakaian (yang biasa laundry gunakan) secukupnya.
  • Mencuci Boneka Menggunakan Air
Untuk boneka yang sangat kotor, anda dapat mencucinya menggunakan mesin cuci atau manual (dikucek dengan tangan). Jika anda mencuci boneka dengan air, siapkan sebuah kantong (sarung bantal putih polos). Berikut ini cara mencuci boneka menggunakan air beserta sarung bantal:
  1. Masukkan boneka ke dalam sarung bantal putih lalu ikat dengan rapat. Proses pencucian boneka dengan memasukkannya ke dalam kantong bertujuan agar bulu boneka tidak mudah rontok jika di kucek dengan tangan atau dimasukkan dalam mesin cuci.
  2. Kemudian masukkan kantong berisi boneka ke dalam mesin cuci. Atur kecepatan mesin cuci ke yang paling rendah (slow) dan masukkan deterjen secukupnya.
  3. Setelah proses pencucian, bilas dengan air bersih dan tidak perlu menggunaka softener (pelembut) pakaian. Karena pelembut pakaian jika digunakan pada boneka dapat membuat warna boneka mudah luntur.
  4. Setelah dibilas, peras boneka dengan cara menekannya dengan tangan atau diinjak-injak jika boneka berukuran besar. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan air yang diserap boneka.
  5. Keringkan boneka dengan mengangin-anginkannya atau dijemur di tempat yang teduh. Namun jika anda ingin mengeringkannya dengan mesin pengering, gunakan low heat mode (tidak terlalu panas).
  6. Setelah kering, jika boneka anda berbulu lebat dan panjang, anda dapat menyisirnya dengan sisir yang tidak rapat dan berujung tumpul. Sisir secara perlahan agar bulu boneka tidak rusak atau rontok.
  7. Terakhir, pastikan boneka benar-benar kering untuk menghindari bau lembab atau jamur. Semprotkan parfum (yang biasa digunakan laundry) untuk membuat boneka tetap segar dan wangi. Parfum laundry cocok digunakan pada boneka karena tidak membuat warna luntur dan tidak meninggalkan noda pada boneka.
  • Menbersihkan Boneka Menggunakan Steamer (Dry Clean)
Mencuci dengan steamer memang lebih aman dan prosesnya lebih cepat dibandingkan dengan mencuci dengan air. Namun cara ini hanya cocok dengan boneka yang tidak terlalu kotor. Karena membersihkan boneka menggunakan dry clean hanya akan membersihkan boneka bagian luar saja. Cara membersihkan boneka dengan cara steamer yaitu:
  1. Semprotkan dry clean (PCE) ke seluruh bagian boneka, diamkan selama 3 menit lalu steamer seluruh bagian boneka. Steamer berfungsi untuk menghisap debu dan mematikan kuman-kuman yang ada pada boneka.
  2. Terakhir berikan semprotan parfum agar boneka menjadi fresh dan harum.
  • Membersihkan Boneka Menggunakan Baking Soda
Mencuci boneka menggunakan baking soda sangat tepat dipilih untuk membersihkan boneka yang bulunya mudah rontok atau pada boneka yang sudah tua. Cara membersihkan boneka dengan baking soda yaitu:
  1. Siapkan kantung kertas atau plastik dan baking soda (biasa dijual di toko kue).
  2. Masukkan boneka ke dalam kantung, kemudian masukkan baking soda secukupnya.
  3. Tutup rapat kantung boneka dan kocok-kocok agar baking soda merata ke seluruh bagian boneka. Diamkan selama 15 menit.
  4. Bersihkan baking soda dari boneka dengan cara menepuk-nepuknya. Lalu ambil kain basah dan seka seluruh bagian boneka agar baking soda benar-benar hilang.
  5. Setelah bersih, anda dapat memberikan uap steamer untuk membersihkan bagian dalam boneka. Namun pastikan dahulu bahwa baking soda benar-benar hilang. Karena jika masih ada, baking soda yang terkena steam dapat menggumpal dan berbusa sehingga dapat meninggalkan bercak-bercak putih pada boneka.
  6. Terakhir jangan lupa berikan semprotan parfum pada seluruh bagian boneka.
Cara yang tepat dalam mencuci dan membersihkan boneka akan membuat boneka tahan lama. Karena bebanyakan boneka mudah rusak akibat cara mencuci yang salah. Sekian, semoga tips mencuci boneka di atas bermanfaa dan selamat mencoba :D

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Tingkah Pria Ketika Menjalin Hubungan Pacaran, Jaga Anak Perempuan Anda!

Pergaulan anak muda belakangan ini sudah teramat sangat jauh dari tata norma, entah apa yang menyebabkan kalangan muda - mudi masa kini amat gaul kebablasan. Banyak hal yang menjadi penyebab maraknya pergaulan bebas dikalangan anak muda sekarang, baik itu yang mahasiswa, anak sma, smp, bahkan anak SD pun mulai kebablasan dalam hal ini. Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol santai dengan seorang sahabat yang merupakan alumni Uneversitas ternama jurusan Bimbingan Konseling khusus menyikapi pergaulan remaja khususnya di SMA/SMP. Beliau membeberkan beberapa kisah nyata dari seorang siswi SMA yang mengaku sudah sangat familiar dengan maaf hubungan intim yang seharusnya hanya di halalkan untuk pasangan suami istri. Saya pun terkaget - kaget mendengar pernyataan tersebut, dan yang membuat saya makin melongo miris adalah siswi tersebut bahkan sudah berkali - kali ganti pasangan! Ebuset!! Ngeri amat ya pergaulan anak SMA jaman sekarang? Ilustrasi - Sumber : keepo.me Menurutnya (teman

Film Korea Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh

Pulang kuliah eh pada ngobrolin Film Korea Terbaik Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh sama temen-temen kampus, nah setelah kemaren posting Film Thailand Humor makanya kali ini hanisah akan share beberapa film korea yang menurut hanisah paling bagus dan paling menyentuh karena ceritanya yang bagus dan banyak hikmah yang dapat diambil dari film korea berikut ini : My true friend (thai) Sosok pemuda yang dianugerahi wajah tampan serta kehidupan yang serba berkecukupan. Pemuda yang memiliki hobi berkelahi tapi tak pernah terpikirkan sekalipun untuk membunuh lawan-lawannya. Baginya uang tak bisa membeli segalanya termasuk kebahagiaan, baginya uang hanya membawa penderitaan. Dan tentu saja uang pun tak bisa membeli kebersamaannya bersama teman-temannya. Film korea tentang persahabatan Gun akan melakukan apapun demi sahabat-sahabatnya bahkan hingga nyawa pun rela dipertaruhkannya... 200 Pounds Beauty Film korea tentang cinta & Operasi plastik Ceritanya tentang faham o

Tempat-tempat Yang Menarik Untuk Kencan

Berkencan bagi pasangan kekasih merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kencan diyakini mampu membuat hubungan lebih harmonis dan berkualitas. Sedangkan tempat untuk berkencan sebenarnya tidak harus mewah, eksklusif dan mahal. Tempat yang menarik untuk kencan Anda hanya perlu mengajak pasangan ke tempat-tempat yang dia sukai, yang belum pernah dia datangi atau yang berkaitan dengan hobinya. Berikut beberapa tempat menarik yang dapat anda pilih untuk berkencang dengan kekasih tercinta. 1. Tempat Wisata (tempat yang eksotis) Pantai, pegunungan, air terjun, telaga, sungai merupakan tempat yang romantis dan eksotis untuk berkencan. Terutama bagi yang suka menikmati keindahan alam, kencan ke tempat-tempat wisata dapat membuat relax menyegarkan pikiran setelah penat dengan aktifitas dan membuat moment-moment indah dengan pasangan. Misalnya dengan foto berdua di dekat air terjun atau menikmati sunset di pinggir pantai. 2. Tempat yang Seru, Menantang dan Fun And