Skip to main content

Faktor Penyebab Kanker Payudara

Apa saja faktor yang menjadi penyebab penyakit kanker payudara? Penyakit kanker payudara terbilang penyakit yang paling umum menyerang kaum wanita. Meski demikian pria juga memiliki kemungkinan mengalami penyakit ini dengan perbandingan 1 di antara 1000 pria. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker payudara ini terjadi. Namun beberapa faktor kemungkinan penyebab kanker payudara adalah: Jenis kelamin, usia, riwayat kanker individu, riwayat kanker keluarga, genetik, menache dini dan masa menopuse yang lambat, riwayat reproduktif, penyakit payudara jinak, obesitas dan kebiasaan makan-makanan berlemak, pajanan radiasi (misalnya radiasi dari listrik, sinyal handphone, laptop, tv, radio dsb), hormon eksogen dan konsumsi alkohol.
Resiko terkena kanker payudara
Penyebab kanker payudara
Rasjidi, seorang peneliti tentang kanker payudara menjelaskan bahwa faktor resiko terkena kanker payudara yang utama berhubungan dengan keadaan hormonal (estrogen dominan) dan genetik. Penyebab keadaan estrogen dominan karena beberapa faktor resiko dibawah ini dan dapat digolongkan berdasarkan:
a. Faktor yang berhubungan dengan diet
Faktor resiko ini dapat dibagi dua, yaitu faktor resiko yang memperberat terjadinya kanker dan yang mengurangi terjadinya kanker. Beberapa faktor pemberat yang berhubungan dengan diet yaitu peningkatan berat badan yang berlebihan pada saat menjelang menopause, diet ala barat yang tinggi lemak (western style), dan minuman beralkohol. Sedangkan faktor risiko yang mengurangi terjadinya kanker seperti peningkatan konsumsi serat dan peningkatan konsumsi buah dan sayur.
b. Faktor reproduksi
1) Usia menarche dan siklus menstruasi

Menarche adalah saat haid/menstruasi yang datang pertama kali pada seorang wanita yang sedang menginjak dewasa. Menarche ini berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Dewasa ini di negara-negara berkembang, terjadi pergeseran usia menarche dari sekitar 16-17 tahun menjadi 12-13 tahun.

2) Usia kehamilan pertama

Risiko kanker payudara menunjukkan peningkatan seiring dengan peningkatan usia mereka saat kehamilan pertama.

3) Paritas

Efek dari paritas (banyaknya melahirkan) terhadap jumlah risiko kanker payudara telah lama diteliti. Dalam suatu studi metaanalisis, dilaporkan bahwa wanita yang melahirkan sekali mempunyai risiko 30% untuk berkembang menjadi kanker dibandingkan dengan wanita yang multipara (melahirkan lebih dari sekali).

4) Menyusui

Ketika menyusui apakah ASI benar-benar diberikan kepada anak sepenuhnya atau tidak. Karena jika memiliki bayi tapi ASI tidak diberikan, maka dapat membuat payudara tidak sehat karena tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan menyusui, resiko terkena kanker payudara akan lebih sedikit.
c. Faktor hormon
Hormon estrogen sangat penting untuk wanita. Hormon ini biasanya akan diproduksi oleh tubuh dari ovarium ketika usia wanita masih muda atau produktif. Karena itu perlu adanya terapi sulih hormon untuk menggantikan hormon yang sudah tidak dihasilkan oleh ovarium diusia senja atau menopause.
d. Radiasi pengion pada saat pertumbuhan payudara
Radiasi pengion adalah radiasi elektromagnetik atau partikel yang mampu menghasilkan ion y secara ang langsung atau tidak langsung dalam lintasannya menembus materi (tubuh). Misalnya sinar-X, sinar gamma, partikel alfa, partikel beta, proton, elektron, positron, partikel berat bermuatan yang bisa terjadi dari sinyal handphone, tv, radio, listrik dan benda elektronik lainnya.
e. Riwayat adanya penyakit tumor jinak
 Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit tumor jinak lebih rentan terkena kanker payudara. Karena tumor jinak ini masih bisa tumbuh walau pernah diangkat.

Demikian tadi beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker payudara. Semoga dapat menambah pengetahuan sehingga resiko terkena kanker dapat diminimalkan.

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Tingkah Pria Ketika Menjalin Hubungan Pacaran, Jaga Anak Perempuan Anda!

Pergaulan anak muda belakangan ini sudah teramat sangat jauh dari tata norma, entah apa yang menyebabkan kalangan muda - mudi masa kini amat gaul kebablasan. Banyak hal yang menjadi penyebab maraknya pergaulan bebas dikalangan anak muda sekarang, baik itu yang mahasiswa, anak sma, smp, bahkan anak SD pun mulai kebablasan dalam hal ini. Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol santai dengan seorang sahabat yang merupakan alumni Uneversitas ternama jurusan Bimbingan Konseling khusus menyikapi pergaulan remaja khususnya di SMA/SMP. Beliau membeberkan beberapa kisah nyata dari seorang siswi SMA yang mengaku sudah sangat familiar dengan maaf hubungan intim yang seharusnya hanya di halalkan untuk pasangan suami istri. Saya pun terkaget - kaget mendengar pernyataan tersebut, dan yang membuat saya makin melongo miris adalah siswi tersebut bahkan sudah berkali - kali ganti pasangan! Ebuset!! Ngeri amat ya pergaulan anak SMA jaman sekarang? Ilustrasi - Sumber : keepo.me Menurutnya (teman

Film Korea Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh

Pulang kuliah eh pada ngobrolin Film Korea Terbaik Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh sama temen-temen kampus, nah setelah kemaren posting Film Thailand Humor makanya kali ini hanisah akan share beberapa film korea yang menurut hanisah paling bagus dan paling menyentuh karena ceritanya yang bagus dan banyak hikmah yang dapat diambil dari film korea berikut ini : My true friend (thai) Sosok pemuda yang dianugerahi wajah tampan serta kehidupan yang serba berkecukupan. Pemuda yang memiliki hobi berkelahi tapi tak pernah terpikirkan sekalipun untuk membunuh lawan-lawannya. Baginya uang tak bisa membeli segalanya termasuk kebahagiaan, baginya uang hanya membawa penderitaan. Dan tentu saja uang pun tak bisa membeli kebersamaannya bersama teman-temannya. Film korea tentang persahabatan Gun akan melakukan apapun demi sahabat-sahabatnya bahkan hingga nyawa pun rela dipertaruhkannya... 200 Pounds Beauty Film korea tentang cinta & Operasi plastik Ceritanya tentang faham o

Tempat-tempat Yang Menarik Untuk Kencan

Berkencan bagi pasangan kekasih merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kencan diyakini mampu membuat hubungan lebih harmonis dan berkualitas. Sedangkan tempat untuk berkencan sebenarnya tidak harus mewah, eksklusif dan mahal. Tempat yang menarik untuk kencan Anda hanya perlu mengajak pasangan ke tempat-tempat yang dia sukai, yang belum pernah dia datangi atau yang berkaitan dengan hobinya. Berikut beberapa tempat menarik yang dapat anda pilih untuk berkencang dengan kekasih tercinta. 1. Tempat Wisata (tempat yang eksotis) Pantai, pegunungan, air terjun, telaga, sungai merupakan tempat yang romantis dan eksotis untuk berkencan. Terutama bagi yang suka menikmati keindahan alam, kencan ke tempat-tempat wisata dapat membuat relax menyegarkan pikiran setelah penat dengan aktifitas dan membuat moment-moment indah dengan pasangan. Misalnya dengan foto berdua di dekat air terjun atau menikmati sunset di pinggir pantai. 2. Tempat yang Seru, Menantang dan Fun And