Skip to main content

Resep Kepiting Bumbu Pedas Saus Asam Manis

Bagaimana cara memasak kepiting yang benar dan resepnya? Selain kepiting laut, ternyata kepiting air tawar dapat pula dikonsumsi. Misalnya kepiting sawah dan kepiting sungai. Namun sebelum memasak kepiting, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rasa kepiting lebih lezat. Berikut ini beberapa tips sebelum memasak kepiting agar rasanya enak.
Cara memilih dan memasak kepiting yang lezat
Kepiting air tawar atau kepiting sawah

  1. Pilih kepiting yang sudah dewasa karena kepiting yang masih muda dagingnya masih sedikit sehingga dagingnya sulit untuk dikeluarkan.
  2. Tusuk bagian perut kepiting dengan pisau yang tajam dan pastikan kepiting benar-benar mati.
  3. Buang bagian ujung kepiting (yang berbentuk segitiga) karena itu adalah tempat kotoran kepiting.
  4. Bersihkan isi perut kepiting (biasanya yang berwarna kehijauan).
  5. Cuci kepiting, bila perlu sikat cangkangnya dengan menggunakan kuas agar kotoran yang menempel bisa benar-benar hilang.
  6. Pukul (memarkan) capit dan kaki kepiting agar bumbu dapat meresap kedalam daging ketika dimasak.
  7. Rebus kepiting selama 15-20 menit untuk menghilangkan racunnya. Jangan terlalu lama karena dapat membuat daging kepiting menjadi keras.
Setelah proses di atas sudah dilakukan, maka saatnya memasak kepiting bumbu pedas saus asam manis. Berikut ini resep kepiting bumbu pedas saus asam manis.
Cara memasak kepiting pedas asam manis
Resep kepiting bumbu pedas saus asam manis
Bahan untuk memasak kepiting:

  • 6 ekor kepiting
  • 4 sendok makan air jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk membuat saus:

  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 24 cabai (bisa diiris atau dihaluskan, sesuai selera)
  • 4 sendok makan margarin
  • 100 gram bawang bombai diiris tipis (jika ada)
  • 2 siung bawang putih diiris tipis
  • 6 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan saus inggris (jika ada)
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 100 ml air
  • Gula secukupnya

Cara memasak kepiting bumbu pedas saus asam manis:

  1. Lumuri kepiting yang sudah dibersihkan atau yang sudah dipotong-potong dengan air jeruk nipis lalu tiriskan (diamkan).
  2. Siapkan minyak panas lalu goreng kepiting hingga matang lalu tiriskan.
  3. Untuk membuat saus: panaskan margarin lalu masukkan bawang putih dan bawang bombai, tumis hingga layu. Kemudian masukkan semua bumbu dan air lalu masak hingga mendidih dan kental.
  4. Masukkan kepiting yang sudah digoreng tadi, biarkan sebentar agar bumbu meresap lalu angkat.
  5. Kepiting bumbu pedas saus asam manis siap dihidangkan.

Demikian tadi tips dalam memilih kepiting dan menyiapkan kepiting sebelum dimasak agar rasanya lebih lezat, serta resep membuat kepiting bumbu pedas saus asam manis. Bagi yang tidak terlalu suka pedas, cukup kurangi jumlah cabe yang digunakan. Selamat memasak kepiting yang lezat dan istimewa untuk keluarga tercinta :D

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Tingkah Pria Ketika Menjalin Hubungan Pacaran, Jaga Anak Perempuan Anda!

Pergaulan anak muda belakangan ini sudah teramat sangat jauh dari tata norma, entah apa yang menyebabkan kalangan muda - mudi masa kini amat gaul kebablasan. Banyak hal yang menjadi penyebab maraknya pergaulan bebas dikalangan anak muda sekarang, baik itu yang mahasiswa, anak sma, smp, bahkan anak SD pun mulai kebablasan dalam hal ini. Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol santai dengan seorang sahabat yang merupakan alumni Uneversitas ternama jurusan Bimbingan Konseling khusus menyikapi pergaulan remaja khususnya di SMA/SMP. Beliau membeberkan beberapa kisah nyata dari seorang siswi SMA yang mengaku sudah sangat familiar dengan maaf hubungan intim yang seharusnya hanya di halalkan untuk pasangan suami istri. Saya pun terkaget - kaget mendengar pernyataan tersebut, dan yang membuat saya makin melongo miris adalah siswi tersebut bahkan sudah berkali - kali ganti pasangan! Ebuset!! Ngeri amat ya pergaulan anak SMA jaman sekarang? Ilustrasi - Sumber : keepo.me Menurutnya (teman

Film Korea Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh

Pulang kuliah eh pada ngobrolin Film Korea Terbaik Yang Lucu, Romantis dan Paling Menyentuh sama temen-temen kampus, nah setelah kemaren posting Film Thailand Humor makanya kali ini hanisah akan share beberapa film korea yang menurut hanisah paling bagus dan paling menyentuh karena ceritanya yang bagus dan banyak hikmah yang dapat diambil dari film korea berikut ini : My true friend (thai) Sosok pemuda yang dianugerahi wajah tampan serta kehidupan yang serba berkecukupan. Pemuda yang memiliki hobi berkelahi tapi tak pernah terpikirkan sekalipun untuk membunuh lawan-lawannya. Baginya uang tak bisa membeli segalanya termasuk kebahagiaan, baginya uang hanya membawa penderitaan. Dan tentu saja uang pun tak bisa membeli kebersamaannya bersama teman-temannya. Film korea tentang persahabatan Gun akan melakukan apapun demi sahabat-sahabatnya bahkan hingga nyawa pun rela dipertaruhkannya... 200 Pounds Beauty Film korea tentang cinta & Operasi plastik Ceritanya tentang faham o

Tempat-tempat Yang Menarik Untuk Kencan

Berkencan bagi pasangan kekasih merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kencan diyakini mampu membuat hubungan lebih harmonis dan berkualitas. Sedangkan tempat untuk berkencan sebenarnya tidak harus mewah, eksklusif dan mahal. Tempat yang menarik untuk kencan Anda hanya perlu mengajak pasangan ke tempat-tempat yang dia sukai, yang belum pernah dia datangi atau yang berkaitan dengan hobinya. Berikut beberapa tempat menarik yang dapat anda pilih untuk berkencang dengan kekasih tercinta. 1. Tempat Wisata (tempat yang eksotis) Pantai, pegunungan, air terjun, telaga, sungai merupakan tempat yang romantis dan eksotis untuk berkencan. Terutama bagi yang suka menikmati keindahan alam, kencan ke tempat-tempat wisata dapat membuat relax menyegarkan pikiran setelah penat dengan aktifitas dan membuat moment-moment indah dengan pasangan. Misalnya dengan foto berdua di dekat air terjun atau menikmati sunset di pinggir pantai. 2. Tempat yang Seru, Menantang dan Fun And